Selasa, 12 Februari 2013

Proyek Mass Rapit Transit (MRT)


Proyek Mass Rapid Transit(MRT) Jakarta adalah Proyek Pemerintah Prov. DKI Jakarta dalam menanggulangi kemacetan yang akhir-akhir ini sering terjadi dan diharapkan dapat menjadi alternatif solusi transportasi bagi masyarakat yang ramah lingkungan. Proyek Mass Rapid Transit (MRT) mengandalkan kereta api sebagai modal transportasi. Pembangunan lintasan/ jalur kereta api yang akan dilakukan terdiri atas bawah tanah (sub way), permukaan (survace), dan layang (elevated).
Pembangunan proyek MRT tersebut terdiri atas 3 tahap, yaitu: Tahap I – (Lebakbulus -Dukuhatas), Tahap II – (Dukuhatas - Kota), dan Tahap III (Balaraja - Cikarang). Saat ini, proyek pembangunan yang berjalan adalah Tahap I dengan rute Lebakbulus - Dukuhatas yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2016.
Pembangunan proyek MRT (Mass Rapid Transit) rencananya akan dilaksanakan pada 2013 ini dengan total biaya senilai Rp 15,7 triliun. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menanggung 51 persen pembiayaan Mass Rapid Transit. Ini merupakan hasil rapat dengan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa kemarin, Selasa, 15 Januari 2013. Pemerintah pusat, kata Jokowi, menyatakan sanggup membiayai 49 persen dari biaya yang dibutuhkan untuk MRT. Skema 49-51 ini berlaku untuk ruas Lebak Bulus sampai Bundaran Hotel Indonesia.
Nilai 49-51 ini sebenarnya melenceng dari harapan pemerintah DKI, yang mengusulkan 60 persen pembiayaan ditanggung pusat, sedangkan DKI hanya menanggung 40 persen. "Tetapi ini sudah turun dari sebelumnya, 42-58, yang ditanggung DKI, turun tujuh persen dari sebelumnya, 58 persen," kata Asisten Perekonomian Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Hasan Basri Saleh.
Membangun sistem jaringan MRT bukanlah semata-mata urusan kelayakan ekonomi dan finansial saja, tetapi lebih dari itu membangun MRT mencerminkan visi sebuah kota. Kehidupan dan aktivitas ekonomi sebuah kota, antara lain tergantung dari seberapa mudah warga kota melakukan perjalanan/ mobilitas dan seberapa sering mereka dapat melakukannya ke berbagai tujuan dalam kota. Tujuan Utama dibangunnya sistem MRT adalah memberikan kesempatan kepada warga kota untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas perjalanan/ mobilitasnya menjadi lebih andal, terpercaya, aman, nyaman, terjangkau dan lebih ekonomis.
Dengan  adanya proyek MRT ini kita sebagai warga harus mendukung program tersebut dan semoga kemacetan Jakarta bisa terurai.


Sumber :
http://www.tempo.co/read/news/2013/01/16/083454742/Jokowi-Proyek-MRT-4951
http://www.jakartamrt.com/index.php?option=com_content&view=article&id=51&Itemid=94&lang=id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar