Kamis, 14 Februari 2013

Jangan Menganggap Rendah Karena Kau Muda


Mendapatkan ilmu atau pengalaman tidak hanya didapatkan di bangku perkuliahan tetapi bisa darimana saja . Salah satu yang saya alami adalah dari pelayanan saya di Komisi Anak GKI Kebayoran Baru dimana saya disini sebagai Guru Sekolah Minggu. Menjadi seorang guru tidaklah mudah karena kita menjadi panutan bagi  anak-anak sekolah minggu yang kita ajarkan. Disini banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan mulai dari kita harus berani untuk berbicara di depan, mengenal karakter anak dan bekerjasama dengan guru sekolah minggu lainnya.



Ini adalah foto saya dan guru-guru yang lainnya bersama anak sekolah minggu saat di kelas :)





Saat saya pertama kali berhadapan atau maju di depan anak-anak sekolah minggu saya merasa malu dan gugup takut apa yang saya ucapkan salah tetapi seiring dengan berjalannya waktu, keinginan untuk belajar lebih lagi akhirnya perasaan itu sedikit demi sedikit mulai hilang. Kunci utama dari itu semua adalah tidak berhenti berdoa meminta kekuatan dan hikmat dari Tuhan Yesus.

Disini saya melayani anak sekolah minggu kelas 2 SD (AK-B) dan setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Dari mereka banyak sekali yang saya dapatkan bahwa anak jaman sekarang itu berbeda dengan jaman saya waktu kecil dulu. Mulai dari pemikiran mereka yang kritis dan rasa keingintahuan yang besar. Cara menghadapi mereka itu gampang-gampang susah apalagi kalau mereka berkelakuan yang tidak baik, harus dibicarakan dengan lembut dan penuh kasih sayang atau dengan cara berbicara dengan tegas.

Tidak hanya mengenal karakter anak saja yang saya dapatkan di pelayanan ini tetapi juga bagaimana bekerjasama dengan guru yang lainnya. Setelah 7 bulan saya bergabung menjadi Guru Sekolah Minggu saya dipercayakan untuk menjadi koordinator kelas. Hmm.. bukanlah perkara yang mudah menjadi seorang pemimpin di kelas ya walaupun dulu saya pernah menjadi ketua kelas saat duduk di bangku SMA tetapi disini berbeda karena saya harus lebih mengenal anak sekolah minggu, guru-guru yang  mengajar di kelas AK-B dan juga membuat suasana kelas yang kreatif. Saat saya mendapatkan tugas itu saya merasa minder atau tidak percaya diri karena saya masih baru dan pengalaman saya belum begitu banyak apalagi saya ditempatkan dengan guru-guru yang sudah senior dan cukup lama melayani di Komisi Anak GKI Kebayoran Baru. Tetapi mereka sangat baik dan mendukung saya karena apabila ada sesuatu yang saya tidak mengerti mereka langsung membantu saya. Ya walaupun saya masih baru dan muda tetapi saya tidak boleh minder seperti ayat Alkitab :  1 Timotius 4:12 “Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu”



Guru Sekolah Minggu Kelas AK-B









Saya sangat mengucap syukur karena saya bisa bergabung dan melayani di Komisi Anak GKI Kebayoran Baru. Pelayaanan ini hanyalah untuk Memuliakan Allah Bapa di Sorga dan itu semua bisa saya jalani dan hadapi berkat kebaikan dan pimpinan-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar